Search In This Blog

Keep Your Mind Wide Open

You’ve got to keep your mind wide open. All the possibilities.

Keep Your Mind Wide Open

You’ve got to live with your eyes open. Believe in what you see.

Keep Your Mind Wide Open

Have you ever wanted more? Wanted more? Don’t you know there’s so much more.

Keep Your Mind Wide Open

Tomorrows horizons full of surprises Don’t let them take your dreams away.

Keep Your Mind Wide Open

Don’t hesitate, contemplate. No it’s not too late.

Senin, 09 Januari 2012

Mobil Tercanggih - Dengan Teknologi Terkini (Fitur Baru) Gadget Mobil Share14

Teknologi terkini yang akan di gunakan dan fitur terbaru pada mobil tercanggih di dunia, fitur tambahan ini benar-benar sedang dirancang (menurut Info Berita), Wew!!! Mantap gan mobil ini akan menjadi mobil tercanggih di dunia teknologi terkini untuk masa depan telah dirancang, Ya Sudahlah jangan banyak basa-basi lagi kita lihat gambaran dan info beritanya, kita langsung ke TKP :


bouug4r4
Kami telah datang jauh sejak dimulainya mobil, dan dengan semua ini melewatkan waktu mereka telah menjadi lebih dari sekedar mode belaka transportasi bagi kita. Lebih dari sekedar mengangkut orang dari satu tempat ke tempat lain, ada sejumlah dimensi baru ditambahkan ke mobil dan pengembangan mereka, seperti orang-orang akhirnya mulai perjalanan lebih dan lebih.
sxvabzl7
Kami datang usia ketika mobil baru saja struktur dan mekanisme yang sederhana, untuk yang hi-tech dan megah di masa sekarang. Dengan perhatian lebih dibayar untuk kenyamanan penumpang, keselamatan, kenyamanan dan kontrol emisi, kita sekarang memiliki mobil dengan teknologi lebih unggul, tak mungkin bahkan tiga dekade kembali!.
uaujdlcj
Dari fitur seperti auto peredupan dari tampilan belakang spion cermin dan belakang secara otomatis menolak sebagai salah satu pergeseran ke gigi mundur, sensor hujan ular berbisa, dari lampu depan secara otomatis beralih ke sudut tertentu di sisi giliran masing-masing untuk membantu visibilitas lebih baik, dan mencuci semprotan untuk lampu depan, untuk menampilkan layar menginformasikan tentang konsumsi bahan bakar dan kisaran itu dapat melakukan perjalanan dengan sisa bahan bakar. Dari panas dan ventilasi tempat duduk dan memijat-kursi suara diaktifkan sistem navigasi GPS yang membantu merencanakan rute yang mudah untuk mencapai tujuan.

Tapi itu masih tidak semua, bahkan itu hanya mulai dari daftar, yang memiliki banyak mengikuti. Berikut wawasan untuk apa semua telah diperkenalkan atau akan diperkenalkan di dalam mobil: -
sistem Navigasi: Fitur ini telah digunakan dalam bagian tertentu dari dunia dan segera membuat jalan ke bagian lain. Sebuah sistem navigasi terdiri dari layar pengguna dipasang pada dashboard mobil dan sekali pengguna telah makan di tempat tujuan, fitur ini membantu kapur dari rute dengan memberikan petunjuk verbal, dan karena itu mengurangi kesulitan mencari tempat yang cukup rupa . Fitur ini menggunakan satelit penentuan posisi global dan juga dapat dihubungkan ke telepon selular dan PDA.

8k1spi1p
Cara Ekonomi : Sama seperti cara peralatan listrik datang dengan pilihan untuk menghemat energi, juga produsen mobil juga telah menemukan cara untuk membuat mobil yang bisa menilai sendiri cara untuk menonaktifkan fitur seperti pendingin udara, dll sebagai nya dan jika tidak diperlukan , sehingga menghemat ke bahan bakar yang lebih berarti emisi rendah.

kgz8bimr
Airbag Tirai: Meskipun airbag telah digunakan sejak yang telah menyediakan keselamatan sementara pada dasarnya dari depan, edisi baru memiliki airbag tirai yang diterjemahkan ke dalam kantung udara di sisi mobil, pas di daerah yg terkenal, tepat di atas mobil jendela, memastikan keamanan dari cedera kepala bagi penghuni kendaraan dalam kasus suatu kecelakaan.

ekdnkp7b
Kotak hitam teknologi: Sama seperti kotak hitam pesawat telah dipasang untuk mencatat kejadian selama penerbangan, yang berguna untuk menentukan rincian memetikan sebuah kecelakaan, sebuah teknologi yang sama sekarang datang ke mobil juga! Dengan teknologi ini, rincian seperti kecepatan mobil, lokasi dll kendaraan, pada saat tertentu tertentu dapat direkam.
szrha1x9
Hal ini dapat sangat berguna saat mengklaim asuransi jika terjadi kecelakaan atau tertentu masalah hukum lainnya. Ban Run-flat: ini lebih merupakan fitur keselamatan dan kenyamanan, yang telah tersedia di mobil tertentu. Dengan fitur ini ban mempertahankan bentuk aslinya bahkan dalam kondisi kempis, dan dapat pergi seperti itu cukup jauh yang cukup. Hal ini dapat sangat berguna terutama saat mengemudi dalam kasus darurat, atau pada waktu segera membantu tidak ada.

pdcignf2
Self-parkir Fitur: Ini adalah fitur yang cukup canggih yang akan membuat jalan ke mobil, yang dalam istilah yang sederhana berarti sebuah mobil yang bisa parkir dengan sendirinya, tanpa sopir yang sedang duduk di dalam mobil! Pengguna hanya perlu turun dari mobil tepat sebelum nya akan segera parkir, dan kemudian hanya dengan menekan tombol mobil akan bergerak sendiri dan mendapatkan parkir. Fitur ini benar-benar menambahkan banyak ke kenyamanan pengguna, khususnya di tempat parkir ketat.

Radar, dan kamera untuk keamanan: Ya mobil akan dilengkapi dengan radar dan kamera yang akan merasakan potensi bahaya dan sesuai memperingatkan pengemudi.

ych1tedr
Wi-fi hook up: Teknologi baru sedang dikembangkan yang akan memberikan informasi cuaca, berita dan beberapa hal penting lainnya dengan bantuan sistem wi-fi bagi pengguna mobil.
pasokan daya listrik: A volt listrik sistem-40 akan diberikan dalam kendaraan, yang akan membuatnya nyaman untuk digunakan berbagai perangkat listrik.
jfvmuniz
Programmable kendaraan: sistem bantuan elektronik Dengan satu sekarang dapat program mobil dengan memilih modus di mana seseorang ingin mengemudi, untuk satu contoh dapat memilih antara sporty atau drive mewah, atau satu juga dapat mengubah ground clearance seperti yang diperlukan.
1fhynrsa
Hal ini mungkin masih, mungkin tidak akan akhir semua itu, sebagai produsen masih berusaha terbaik dengan menempatkan dalam upaya mereka R & D dan mencoba untuk menciptakan lebih banyak fitur luar biasa seperti yang membuat mobil, dan mengemudi mereka, sangat nyaman dan aman untuk digunakan.

Robot tercanggih di dunia

Robot merupakan sebuah alat elekhtronik yang canggih.para mahasiswa serta para pelajar,kini berlomba lomba membuat Robot yang canggih dalam segala hal.Di dunia robot canggih barulah robot yang bernama ASIMO.ASIMO adalah singkatan dari “Advanced Step in Innovative Mobility.” ASIMO dianggap sebagai robot humanoid tercanggih di dunia dengan tinggi 130 cm dan berat 54 kg. Robot ini dikembangkan oleh Honda CO,LTD.
SIMO Diciptakan pada 31 Oktober 2000 dari sebuah hasil program R&D robotik Honda yang didirikan pada 1986.Perusahaan honda saat itu Dipimpin oleh Mr. Masato Hirose, Senior Chief Engineer of the Wako Research Institute, Honda R&D Co., Ltd., tim pengembangan robot berangan menciptakan robot yang akrab kepada manusia.Konsep robot ini memiliki sebuah konsep yakni “menyatukan berbagai fungsi mekanis dengan teknologi maju untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,”
           Pada kurun 14 tahun terakhir, perusahaan robot Honda telah mengembangkan tujuh robot eksperimen dan tiga robot prototipe. Setelah berbagai usaha, proyek ini berbuah pada tahun 2000 dengan peluncuran resmi ASIMO sebagai representatif dari teknologi robot humanoid.
        ASIMO sekarang  merupakan generasi kedua yang terdiri dari penyempurnaan dari robot ASIMO generasi pertama yang diperkenalkan pada tahun 2000. Teknologi mobilitas ASIMO kini telah mengalami perkembangan pesat dibanding generasi terdahulunya, dengan berbagai kemampuan diantaranya bergerak dalam pola lingkaran dan berlari hingga kecepatan 6 km/jam. Kemampuan ASIMO berinteraksi dengan manusia atau objek lainnya juga semakin penuh kesempurnaan, seperti menyambut tamu, berjalan bergadengan tangan dengan manusia, membawa nampan, Hingga mendorong sebuah benda berat.

Tren Teknologi Otomotif Menuju Standar Euro6

 Kendati pengembangan teknologi otomotif saat ini mengarah ke elektrikfikasi, namun motor bakar, yaitu mesin bensin dan diesel akan tetap dominan dalam beberapa tahun mendatang.
Itulah kesimpulan yang dibuat oleh produsen komponen mobil dunia. Salah satunya  adalah Continental dari Jerman. Dulunya Continental dikenal sebagai produsen ban. Tetapi setelah mengakuisisi Siemens VDO, perusahaan ini gencar memperkenalkan  dan mengembangkan teknologi komponen mesin, transmisi dan bagian lainnya dari kendaraan.  
Konsumsi & Emisi. Target utama perusahaan pembuat komponen adalah berusaha membuat produk yang bisa memenuhi standar sesuai dengan regulasi yang dibuat pemerintah. Sebagai contoh, Uni Eropa telah menentap, Euro6 sudah mulai diberlakukan untuk mobil yang mulai diproduksi dari 1 September 2014 harus. Setahun kemudian, seluruh kendaraan baru harus memenuhi standar tersebut.
Kita bisa saja bilang, standar Eropa terlalu muluk dan masih jauh dari jangkauan. Namun yang pasti, Euro6 telah “memaksa’ produsen komponen dan mobil menciptakan trend teknologi otomotif.
Pastinya, target yang harus dicapai adalah  penurunan emisi karbondioksida (CO2) gas yang menyebabkan efek rumah kaca atau pemanasan global, nitrogen oksida (NOx ). Dengan turunnya emisi, konsumsi bahan bakar  juga menjadi lebih irit. Produk atau komponen penting yang dikembangkan oleh Continental adalah sistem pamasok bahan bakar (pompa), sistem injeksi, manajemen mesin (unit kontrol mesin atau ECU), transmisi, sensor-sensor dan aktuator.
Karena ada beberapa komponen yang dikembangkan, artikel ini ditulis dalam beberapa seri. Bagian pertama, tentang pompa bahan bakar dengan kerja sesuai dengan kebutuhan mesin.
Pompa Bahan Bakar. Usaha untuk mengurangi emisi CO2 sudah dimulai dengan memasang pompa bensin di dalam tangki. Namun pompa  tersebut bekerja pada kecepatan tetap untuk memasok bensin ke mesin (injektor).
Kini, pompa tersebut dirancang bekerja bekerja sesuai dengan kebutuhan atau kondisi kerja mesin. Mislanya, ketika kendaraan tidak jalan (stasioner) atau jalannya pelan, putaran pompa diturunkan. Tujuannya untuk menghemat energi. Sebaliknya, kalau ingin cepat, putaran pompa naik atau bekerja lebih cepat dan jumlah pasokan bahan bakar jadi lebih banyak.
Untuk ini, Continental melengkapi pompanya dengan chip  yang mengontrol kerjanya. Chip dipasang pada flens yang berada di tangki bensin dan bisa digunakan untuk mengontrol kerja pompa  yang bekerja dengan arus listrik AC atau DC.
Chip ini selanjutnya akan  berkomunikasi dengan sistem manajemen (komputer) mesin untuk mengetahui kondisi kerja mesin dan selanjutnya digunakan sebagai parameter mengatur kecepatan pompa. Tepatnya, kerja pompa disesuaikan dengan kebutuhan mesin.
Menurut Continental, cara ini  bisa mengurangi satu atau dua gram COper km. Hal itu diperoleh karena pemakain tenaga listrik jadi lebih rendah. Hebatnya lagi, dirancang untuk mesin bensin dan diesel.

Injektor Generasi Piezo dan Magnetik

Makin ketatnya regulasi emisi standar pada mobil yang akan dipasarkan nanti, adalah upaya pemerintah untuk menurunkan emisi gas buang. Maklum, efek rumah kaca atau pemanasan global makin mengkhawatirkan. Di samping itu, juga mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Berbagai cara telah ditempuh. Termasuk membuat mobil hibrida dan listrik. Namun pelaksanaan tidak mudah karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Kalau mobil menggunakan tenaga listrik, bisa dibayangkan pabrik mesin, pengecoran logam akan berhenti berproduksi. Pada industri tersebut menghidupi banyak manusia di muka bumi ini. Jumlahnya sangat banyak. Sebagainya acuan, tahun lalu saja, jumlah mobil (tidak termasuk sepeda motor), yang diproduksi mencapai 51 juta unit. Jadi, unsur ekonomi juga sangat kuat.

Karena itu, dalam masa transisi menuju elektrifikasi, para insinyur otomotif tetap melakukan pengembangan pada komponen mesin sekarang.

Injektor Piezo
Menyosong pelaksanaan regulasi Euro6, salah satu cara yang dilakukan produsen mobil – bekerjasama dengan pemasok – adalah merekayasa komponen yang membuat kerja mesin semakin efisien. Komponen penting mesin masa kini yang menentukan efisiensi kerja mesin adalah injektor, baik untuk diesel maupun bensin.

Untuk mesin diesel, diperkenalkan generasi terkini nosel Injeksi piezoelektrik. Elemen piezo bekerja langsung pada jarum nosel tanpa memerlukan sistem hidraulik perantara. Dengan cara ini derajat dan lama injektor membuka (bekerja) dapat dikontrol lebih akurat.

Dengan cara demikian, ada pilihan baru. Saat ini hanya digunakan injeksi multiple yang masih membutuhkan beerapa komponen mekanis. Dengan injektor terbaru, aktuator piezo juga belerka sebagai sensor yang melaporkan posisi jarum nosel secara presisi kepada komputer mesin.

Hasilnya, sistem akan mengontrol sendiri aliran bahan bakarnya. Komputer mesin, selain mengontrol kendaraan, juga bisa mendeteksi setiap perubahan aliran bahan bakar pada injektor. Hebatnya lagi, komputer bisa mengatur injektor secara individual (sendiri-sendiri).

Hasilnya, emisi nitrogen oksida (NOx) bisa diturunkan. Konsumsi bahan bakar juga jadi lebih lebih irit. Penurunan emisi nitrogen oksida mencapai standar Euro6, yaitu 80 mg/km, dari sebelumnya Euro5, 180 mg/km.

Pengembangan terhadap desain hidraulik injektor juga mampu mengoptimalkan kerja mesin. Hal tersebut telah dibuktikan oleh berjuta-juta sistem piezo common rail yang digunakan saat ini. Pada injektor piezo sekarang, bahan bakar yang kembali ke tangki bisa diturunkan sampai 40 persen.

Hasilnya, emisi CO2 pada mobil penumpang yang menggunakan diesel dapat dikurang satu gram per km. Hasil positif lain, untuk memasok bahan bakar bisa menggunakan pompa bertekanan lebih rendah. Hal ini ikut mengurangi biaya komponen.

Injektor Magnetik
Untuk mesin bensin yang makin gencar menggunakan sistem injeksi lansung, injektor generasi terbaru bekerja secara magnetik. Menurut Continental, mereka berhasil mengembang injektor generasi XL3 baru yang mampu meminimumkan volume injeksi. Ini merupakan opsi baru dari sistem yang sudah digunakan, yaitu injeksi multiple atau juga dikenal sebagai injeksi bertahap (stratified).

Hasilnya adalah pembakaran yang lebih efisien, konsumsi bahan bakar makin dan target utama emisi gas CO2 semakin rendah plus harga harga komponen makin terjangkau.
Pengembangan teknologi otomotif bertujuan membuat mobil ramah terhadap lingkungan sekaligus tetap enak dikebut. Kendati yang didapat dari suatu komponen kecil, namun dengan jumlahnya yang banyak, hasilnya akan menjadi besar. Karena itulah pengembangan dilakukan terhadap berbagai komponen mein

Komputer Mesin
Alat ini menentukan komposisi dan proporsi campuran udara dan bahan bakar yang akan dipasok dan dibakar di dalam mesin. Saat ini, komponen yang disebut juga dengan engine control unit (ECU) masih menggunakan platform EM 2. Penggunaan dinilai sukses untuk mesin dengan berbagai jenis bahan bakar. Misalnya, bensin, diesel, BBG atau compressed natural gas (CNG), elpiji, biofuel dan termasuk mobil hibrida.

Versi terbaru yang sudah disiapkandigunakan pada 2011, termasuk dengan perangkat keras dan lunak adalah EMS 3. Komputer terbaru, mikrokontroler disatukan dalam satu chip set. Hasilnya, komputer menjadi lebih kecil dan ringan.

Sensor-sensor
Teknologi pengolahan gas buang ditingkatkan dengan menggunakan regenerator filter parikulat dan sistem SCR untuk mengurangi nitrogen oksida. Termasuk nanti sensor hidrokarbon (HC) yang presisi untuk mobil hibrida.

Kopling Ganda
Transmisi, trennya adalah penggunaan double (dual) clutch atau kopling ganda. Jumlah produsen mobil yang menggunakan semakin banyak. TKG menggabungkan kemudahan transmisi otomatik dengan manual yang efisien dan kinerja sport.

Akhir tahun lalu, Continental mengklaim berhasil menjadi perusahaan pertama yang membuat TKG kering yang dikontrol secara elektromekanis.

Hasilnya, dibandingkan dengan transmisi otomatik torque conveter 6-kecepatan, TKG membuat konsumsi bahakar lebih irit 6 persen.

Turbocharger
Untuk membuat ukuran mesin makin kecil namun tetap menghasilkan tenaga dana torsi besar, pencangkokkan turbocharger pada mesin bensin makin “mewabah”. Utamanya dilakukan oleh produsen dari Jerman yang umumnya memproduksi mobil premium atau mewah.

BMW membanggakan twin-turbo, Mercedes-Benz dengan CGI. Bahkan produsen yang disebut terakhir berani mengganti teknolog kompresor yang dulu dibanggakannya dengan turbocharger. Hal yang sama juga dilakukan oleh Audi dan VW.

Tahun depan makin banyak mobil Eropa yang menggunakan platform turbo. Teknologi tersebut diberi nama antara lain, EfficientDynamics (BMW), BlueEfficiency (MB) dan BlueMotion (VW).

Makin tertariknya produsen mobil mewah menggunakan turbocharger karena pengontrol kerjanya semakin canggih. Turbo sudah bekerja pada putaran rendah. Aliran gas buang yang mengaktifkan turbo, kini diatur oleh katup yang bekerja secara elektrik.

GDI dan VVT
Injeksi bensin langsung makin banyak digunakan untuk memperoleh efisiensi kerja mesin. Malah disatukan dengan turbocharger plus dengan pengaturan kerja buka-tutup katup yang bervariasi sesuai dengan putaran mesin. Hasilnya, mesin kecil bertenga besar.

Pompa Listrik
Sistem pemasok terbaru yang dikembangkan adalah pompa bahan bakar tekanan tinggi, plunyer tunggal dan mampu menjaga tekanan tetap 50 bar yang dirancang untuk mobil hibrida. Saat ini sudah digunakan pada mobil mewah yang dilengkapi dengan sistem otomatik stop/start. Sistem yang menghentikan aliran bahan bakar ketiga mobil stasioner dan baru memasoknya kembali kalau mobil sudah jalan.

KONSEP MOBIL MASA DEPAN

Dunia otomotif tak lagi sekedar berwawasan lingkungan tapi juga dituntut harus memberikan rasa aman dan kesenangan serta kemampuan beradaptasi dengan segala situasi dan kondisi. Untuk memenuhi tuntutan tersebut maka berbagai inovasi terus dilakukan pada mobil yang merupakan alat transportasi darat yang utama pada saat ini dan akan datang.
Mesin
  • Sistem hibrid
  • Sistem hibrid merupakan sistem peralihan yang mengarah pada teknologi otomotif yang efisien dan bersih, sistem ini masih mengeluarkan polusi tapi relatif rendah karena mesinnya merupakan gabungan mesin berbahan bakar minyak dengan sistem mesin listrik. Tenaga penggerak utama mobil ini adalah motor listrik dengan magnet permanen yang membutuhkan tenaga listrik dalam jumlah tertentu yang berasal dari aki. Sedangkan tenaga penggerak yang menggunakan bahan bakar minyak hanya diperlukan jika tenaga aki sudah menurun, mesin bahan bakar minyak ini dibutuhkan untuk mengisi listrik aki, setelah listriknya penuh mesin ini akan berhenti sendiri. Dengan demikian pemakaian bahan bakar menjadi lebih sedikit dan dengan sendirinya polusinya akan lebih sedikit. Semakin sedikit listrik yang dipergunakan oleh motor semakin jarang pula mesin pengisi aki bekerja, kapasitas aki sangat mempengaruhi lama kerja mesin karena semakin besar kapasitas aki akan semakin jarang pula mesin bekerja.
  • Otak pengatur
Otak pengatur (electronic control module) merupakan komputer kecil dengan kemampuan besar karena sistem ini mampu mengatur pengapian atau injeksi secara terus-menerus seusai keperluan mesin. Untuk melakukan tugasnya komputer ini memerlukan informasi dari berbagai sensor untuk mengetahui posisi katup gas, posisi torak nomor satu, suhu pendingin, suhu udara masuk, jumlah aliran udara, kecepatan dan bagian lain yang perlu. Keserasian Mobil, Manusia dan Lingkungan
Mobil kecil merupakan salah satu jalan untuk menjawab tuntutan jaman untuk mengkonservasikan sember daya alam, menghemat energi, mengurangi emisi dan tidak menjadikan jalanan macect karena penuh dengan mobil yang berukuran besar, sementara itu kita menginginkan ruangan mobil yang luas dan nyaman. Untuk memenuhi semua itu maka mobil kecil harus kompak tetapi ruangan dalamnya luas yang paling tidak cukup untuk lima orang termasuk pengemudi. Interior yang luas memungkinkan penumpang rileks dan mudah berkomunikasi, bukan saja dengan penumpang yang lain tetapi juga dengan kendaraannya. Untuk menghemat tempat, pintunya membuka bergeser ke samping sehingga penumpang cukup menekan tombol pembuka yang ada di luar maupun di dalam mobil maka motor listrik secara otomatis menggerakkan pintu, selain itu pintu bisa juga dibuka dengan menggunakan remote controller.
Kini mobil bukan sekedar besi berjalan melainkan bagian dari kehidupan dan lingkungan hidup manusia. Keharmonisan hubungan itu akhirnya kembali kepada konsep dasar teknologi otomotif yaitu untuk memenuhi keinginan manusia terhadap mobil yang cepat, aman dan nyaman. Penekanan dari ketiga unsur ini terletak pada keamanan dan kenyamanan. Tentang keamanan yang dituntut tidak hanya keamanan yang bersifat primer yakni aman dari tabrakan melainkan juga aman yang bersifat sekunder dan tersier seperti bebas polusi dan hemat bahan bakar. Jika polusi semakin tinggi pada akhirnya juga akan mengancam rasa aman manusia, demikian juga jika sumberdaya alam menipis "keamanan" manusia dimasa yang akan datang juga terancam. Dari segi kenyamanan para pakar teknologi otomotif mengembangkan konsep kenyamanan yang manusiawi seperti beban pengemudi yang dalam mengendalikan mobil semakin dikurangi.
Arah teknologi otomotif adalah menuju pembuatan mobil yang mampu melayani keinginan manusia sekaligus menjaga keamanannya. Maka mobil masa depan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang serba komputer.

20 Teknologi Otomotif Dua Dekade Penuh Inovasi

Otomotif merupakan dunia yang sangat dinamis. Setiap saat pelakunya selalu mengembangan teknologi untuk menyempurnakan produknya. Selama 20 tahun ini, tak terbilang teknologi baru yang ditelurkan produsen motor, mobil dan aksesori pendukungnya. Berikut 20 teknologi yang 'berjasa' membuat hidup kita lebih nikmat.

1. CDI
Sangat populer di tahun 1990an. Sistem pengapian kondensator (kapasitor) atau CDI (Capacitor Discharge Ignition), sistem pengapian pada kendaraan yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya kumparan pengapian (ignition coil). Sistem ini tidak mengubah pengapian, tapi membuat kinerja mesin lebih baik.

2.Twincam / DOHC
Twincam dan DOHC (Double Over Head Camshaft), sama-sama memiliki 2 camshaft. Mesin DOHC, pemasukan bahan bakar dan pengeluaran gas buang di ruang bakar lebih lancar karena tiap silinder mesin dilengkapi 4 katup. Tapi hanya prima pada putaran di atas 4000 rpm sehingga tidak cocok untuk jalanan padat dalam kota. Solusinya, dimodifikasi jadi Twincam, yang kinerjanya meningkat pada putaran antara 2.500-3.500 rpm.

3.VTEC
Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, teknologi pengatur katup yang dikembangkan Honda. Banyak dipakai di mobilnya sejak awal 1990an sampai sekarang generasi terbarunya, i-VTEC, yang pertama kali dipakai 2001 di Honda CR-V. Meskipun bersilinder kecil mesin mampu menghasilkan tenaga sebanding dengan yang besar dengan konsumsi efisien.

4.VVT-i
Mesin berteknologi Variable Valve Timing with Inteligence, dikembangkan oleh Toyota. VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah diterapkan di 4A-GE 5 silinder. Dari pertama kali diperkenalkan pada 1996, VVT-i berevolusi jadi Dual VVT-i, VVT-iE sampai yangt terbaru Valvematic.

5.Run Flat Tire
Ban dengan sistem pneumatic, dirancang untuk mencegah pecah ban atau kempes dan memungkinkan mobil tetap bergerak sampai 90 km/jam dengan jarak sekitar 160 km tergantung jenis ban. BMW merupakan salah satu brand yang memakainya sebagai peranti orisinal.

6.AUXILIARY
Fitur canggih di peranti audio yang mulai diaplikasi sejak awal 2000an. Dengan auxiliary ini, head unit mobil bisa terhubung ke berbagai peranti lain. Dari handphone, MP3 player, flash disc sampai external disc.

7.ALLOY WHEELS
Pada tahun 1980an pelek terbuat dari besi cor, sehingga sangat berat. Sejak 1990an ke belakang, pelek dibuat dengan material yang lebih ringan tapi performanya lebih kuat. Sehingga diameter bisa makin besar tanpa terlalu mempengaruhi performa mobil.

8.LAMPU HID
Lampu High Intensity Discharge (HID) sangat populer mulai awal 2000an. Dari yang putih sampai putih kebiruan. Lampu ini memproduksi cahaya dengan busur elektrik antar elektroda dalam tabung transparan.

Tabung diisi gas dan garam metal yang kemudian memicu percikan panas dan menghasilkan intensitas cahaya lebih besar dengan konsumsi tenaga lebih kecil.

9.DRIVING ASSISTANCE
Sekarang jadi fitur wajib di berbagai mobil dengan berbagai variasinya untuk meningkatkan safety dan kenyamanan. Dari adaptive cruise control, lane departure warning system, lane change assistance, precrash system, night vision, juga automatic parking.

Bahkan, blind spot detection sampai yang memonitor manusia. Seperti driver drowsiness detection yang mendeteksi tanda-tanda pengemudi mulai mengantuk.

10.PS
Dulu alat ini hanya digunakan di kendaraan canggih, kapal atau pesawat. Sekarang digunakan di hampir semua kendaraan. Dari yang standar bawaan pabrik, sampai aftermarket. Mobil atau motor lawas pun bisa mengadopsinya. Selain navigasi GPS sekarang juga mengintegrasikan fungsi informasi dan entertainment.

11.HYBRID
Ini trend terbaru kendaraan abad 20.  Meskipun General motors sudah melakukan ujicoba teknologi ini pada salah satu mobil kecilnya. Kemudian pada tahun 1995, sejumlah pabrikan mengujicobakan pada bus dan SUV.

Istilah mobil hyrid biasanya mengacu pada kendaraan hybrid electric seperti Chevrolet Tahoe, GMC Yukon, Cadillac Escalade, Toyota Prius, Toyota Camry Hybrid, Ford Escape Hybrid, Toyota Highlander Hybrid, Honda Insight, Honda Civic Hybrid Lexus RX 400h dan 450h dan sebagainya.

Mobil dengan sistem petroleum-electric hybrid umumnya masih memakai mesin dengan pembakaran internal (bensin maupun diesel) dan baterai.

12.DIESEL COMMON RAIL
Merupakan varian modern mesin direct injection kendaraan diesel, bekerja dengan tekanan tinggi. Generasi ketiga mesin diesel common rail sekarang memakai injektor yang bisa meningkatkan tingkat presisinya dengan tekanan bahan bakar sampai 26 ribu psi.

Sistem ini merevolusi kendaraan bermesin diesel. Diadopsi untuk berbagai varian diesel BMW, Land Rover, VW, Daimler, Fiat, Hyundai, Ford, Mitsubishi, Mazda, Honda, Subaru, Toyota dan sebagainya. Mesin tidak membutuhkan waktu pemanasan,  dengan emisi, kebisingan dan vibrasi lebih rendah.