Search In This Blog

Senin, 09 Januari 2012

20 Teknologi Otomotif Dua Dekade Penuh Inovasi

Otomotif merupakan dunia yang sangat dinamis. Setiap saat pelakunya selalu mengembangan teknologi untuk menyempurnakan produknya. Selama 20 tahun ini, tak terbilang teknologi baru yang ditelurkan produsen motor, mobil dan aksesori pendukungnya. Berikut 20 teknologi yang 'berjasa' membuat hidup kita lebih nikmat.

1. CDI
Sangat populer di tahun 1990an. Sistem pengapian kondensator (kapasitor) atau CDI (Capacitor Discharge Ignition), sistem pengapian pada kendaraan yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya kumparan pengapian (ignition coil). Sistem ini tidak mengubah pengapian, tapi membuat kinerja mesin lebih baik.

2.Twincam / DOHC
Twincam dan DOHC (Double Over Head Camshaft), sama-sama memiliki 2 camshaft. Mesin DOHC, pemasukan bahan bakar dan pengeluaran gas buang di ruang bakar lebih lancar karena tiap silinder mesin dilengkapi 4 katup. Tapi hanya prima pada putaran di atas 4000 rpm sehingga tidak cocok untuk jalanan padat dalam kota. Solusinya, dimodifikasi jadi Twincam, yang kinerjanya meningkat pada putaran antara 2.500-3.500 rpm.

3.VTEC
Variable Valve Timing and Lift Electronic Control, teknologi pengatur katup yang dikembangkan Honda. Banyak dipakai di mobilnya sejak awal 1990an sampai sekarang generasi terbarunya, i-VTEC, yang pertama kali dipakai 2001 di Honda CR-V. Meskipun bersilinder kecil mesin mampu menghasilkan tenaga sebanding dengan yang besar dengan konsumsi efisien.

4.VVT-i
Mesin berteknologi Variable Valve Timing with Inteligence, dikembangkan oleh Toyota. VVT-i menggantikan teknologi VVT Toyota yang sudah diterapkan di 4A-GE 5 silinder. Dari pertama kali diperkenalkan pada 1996, VVT-i berevolusi jadi Dual VVT-i, VVT-iE sampai yangt terbaru Valvematic.

5.Run Flat Tire
Ban dengan sistem pneumatic, dirancang untuk mencegah pecah ban atau kempes dan memungkinkan mobil tetap bergerak sampai 90 km/jam dengan jarak sekitar 160 km tergantung jenis ban. BMW merupakan salah satu brand yang memakainya sebagai peranti orisinal.

6.AUXILIARY
Fitur canggih di peranti audio yang mulai diaplikasi sejak awal 2000an. Dengan auxiliary ini, head unit mobil bisa terhubung ke berbagai peranti lain. Dari handphone, MP3 player, flash disc sampai external disc.

7.ALLOY WHEELS
Pada tahun 1980an pelek terbuat dari besi cor, sehingga sangat berat. Sejak 1990an ke belakang, pelek dibuat dengan material yang lebih ringan tapi performanya lebih kuat. Sehingga diameter bisa makin besar tanpa terlalu mempengaruhi performa mobil.

8.LAMPU HID
Lampu High Intensity Discharge (HID) sangat populer mulai awal 2000an. Dari yang putih sampai putih kebiruan. Lampu ini memproduksi cahaya dengan busur elektrik antar elektroda dalam tabung transparan.

Tabung diisi gas dan garam metal yang kemudian memicu percikan panas dan menghasilkan intensitas cahaya lebih besar dengan konsumsi tenaga lebih kecil.

9.DRIVING ASSISTANCE
Sekarang jadi fitur wajib di berbagai mobil dengan berbagai variasinya untuk meningkatkan safety dan kenyamanan. Dari adaptive cruise control, lane departure warning system, lane change assistance, precrash system, night vision, juga automatic parking.

Bahkan, blind spot detection sampai yang memonitor manusia. Seperti driver drowsiness detection yang mendeteksi tanda-tanda pengemudi mulai mengantuk.

10.PS
Dulu alat ini hanya digunakan di kendaraan canggih, kapal atau pesawat. Sekarang digunakan di hampir semua kendaraan. Dari yang standar bawaan pabrik, sampai aftermarket. Mobil atau motor lawas pun bisa mengadopsinya. Selain navigasi GPS sekarang juga mengintegrasikan fungsi informasi dan entertainment.

11.HYBRID
Ini trend terbaru kendaraan abad 20.  Meskipun General motors sudah melakukan ujicoba teknologi ini pada salah satu mobil kecilnya. Kemudian pada tahun 1995, sejumlah pabrikan mengujicobakan pada bus dan SUV.

Istilah mobil hyrid biasanya mengacu pada kendaraan hybrid electric seperti Chevrolet Tahoe, GMC Yukon, Cadillac Escalade, Toyota Prius, Toyota Camry Hybrid, Ford Escape Hybrid, Toyota Highlander Hybrid, Honda Insight, Honda Civic Hybrid Lexus RX 400h dan 450h dan sebagainya.

Mobil dengan sistem petroleum-electric hybrid umumnya masih memakai mesin dengan pembakaran internal (bensin maupun diesel) dan baterai.

12.DIESEL COMMON RAIL
Merupakan varian modern mesin direct injection kendaraan diesel, bekerja dengan tekanan tinggi. Generasi ketiga mesin diesel common rail sekarang memakai injektor yang bisa meningkatkan tingkat presisinya dengan tekanan bahan bakar sampai 26 ribu psi.

Sistem ini merevolusi kendaraan bermesin diesel. Diadopsi untuk berbagai varian diesel BMW, Land Rover, VW, Daimler, Fiat, Hyundai, Ford, Mitsubishi, Mazda, Honda, Subaru, Toyota dan sebagainya. Mesin tidak membutuhkan waktu pemanasan,  dengan emisi, kebisingan dan vibrasi lebih rendah.

0 komentar: